Gizi Kurang Terus Menurun

Jumlah gizi buruk yang tercatat di kota Pontianak semakin menurun, hal ini juga diikuti dengan jumlah gizi kurang yang hanya tercatat 13,61 persen.
Hal ini dikarenakan berhasilnya pengobatan dan perawatan gratis yang diberikan pemerintah kepada penderita. Jumlah bayi yang ada di kota Pontianak sejumlah 62 ribu anak, dari jumlah itu hanya 13,61 persen saja yang gizi kurang. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Lily S. Ariyanto mengatakan penanggulangan gizi melalui tiga tahap, yakni penanggulangan gizi buruk, gizi kurang dan gizi normal.
Untuk menanggulangi gizi buruk memerlukan waktu yang lama, sedangkan gizi kurang waktu penyembuhan tidak memakan waktu yang sama dengan gizi buruk. Untuk data, ia menjelaskan hanya dapat dipresentasikan dalam bentuk persen. “Kita tidak bisa memberikan dalam jumlah aslinya, karena ketentuannya harus menggunakan persenan,” kata Lily.
Masalah gizi pada anak balita, banyak dipengaruhi oleh kecukupan konsumsi makanan. Lily mengatakan untuk penanggulangan gizi kurang perlu adanya perhatian terhadap kesehatan lingkungan, hal ini perlu ditingkatkan karena lebih dari setengah rumah tangga mempunyai sumber air minum yang tidak terlindung serta masih lebih banyak rumah tangga yang menggunakan WC cemplung dan tempat terbuka daripada WC dengan septik tank.
Masalah gizi ada empat, yaitu kurang energi protein pada balita, kurang vitamin A pada balita, gangguan akibat kekurangan yodium dan anemia. Maka dalam waktu dekat ini, ia mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak agar membawa putra-putrinya ke Posyandu ataupun ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan vitamin A, agar terhindar dari penyakit campak dan indikasi gizi buruk.
“Kita menginginkan balita di kota Pontianak sehat, dan terhindar dari penyakit yang membawa pada kematian, kita berusaha untuk mengantisipasi hal itu,” paparnya.
Asupan makanan kepada penderita gizi kurang, juga harus sama dengan penanganan gizi buruk. Yakni tetap memberikan makanan tiga kali dalam sehari serta dilengkapi dengan serat yang bergizi dan bervitamin seperti mengandung zat besi, yodium, protein dan nutrisi penting lainnya. □

0 komentar: